Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Senin, 22 Oktober 2012

Hadits Ketiga : Rukun Iman




Terjemah hadits / ﺚﻳﺪﺤﻟا ﺔﻤﺟﺮﺗ :
Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Alh- Khottob radiallahuanhuma dia berkat: Saya mendengar  Rasulullah ε  bersabda  : Islam dibangun diatas lima perkara;  Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah  selain Allah dan bahwa nabi Muhammad  utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (Riwayat Turmuzi dan Muslim)

Pelajaran yang terdapat dalam hadits / ﺚﻳﺪﺤﻟا ﻦﻣ ﺪﺋاﻮﻔا :
1.  Rasulullah ε menyamakan  Islam dengan bangunan yang kokoh dan tegak diatas tiang- tiang yang mantap.
2.  Pernyataan   tentang   keesaan   Allah   dan   keberadaannya,  membenarkan   kenabian Muhammad  ε,          merupakan  hal  yang  paling  mendasar  dibanding  rukun-rukun  yang lainnya.
3.  Selalu  menegakkan   shalat   dan   menunaikannya   secara  sempurna   dengan   syarat

rukunnya, adab-adabnya dan sunnah-sunnahnya agar dapat memberikan buahnya dalam diri  seorang  muslim  yaitu  meninggalkan  perbuatan  keji  dan  munkar  karena  shalat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar.
4.  Wajib  mengeluarkan  zakat  dari  harta  orang  kaya  yang  syarat-syarat  wajibnya  zakat

sudah ada pada mereka lalu memberikannya kepada orang-orang fakir dan yang membutuhkan.
5.  Wajibnya menunaikan ibadah haji dan puasa (Ramadhan) bagi setiap muslim.

6.  Adanya keterkaitan rukun Islam satu sama lain. Siapa yang mengingkarinya  maka dia bukan seorang muslim berdasarkan ijma’.
7.  Nash diatas menunjukkan bahwa rukun Islam ada lima, dan masih banyak lagi perkara lain  yang  penting  dalam  Islam  yang  tidak  ditunjukkan  dalam  hadits.  Rasulullah  SAW
bersabda:

Iman itu terdapat tujuh puluh lebih cabang

8.  Islam adalah aqidah dan amal perbuatan. Tidak bermanfaat amal tanpa iman demikian juga tidak bermanfaat iman tanpa amal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar